Assalamualaikum, nahh disini admin akan memberikan tutorial menginstall debian. Debian adalah salah satu OS ( operating system ) yang termasuk kedalam keluarga Linux. Untuk kali ini saya akan menginstall linux debian 8 di virtual box. Aplikasi virtual box juga termasuk cukup ringan di PC saya.




cara setting di virtual box
  1. Siapkan iso OS Debian 8.0 dvd-1 yang akan diinstall dan virtual box untuk media penginstallannya.
     
  2. Buka virtual box dan klik new. Isi name dengan “Debian” dan typenya linux, versinya disesuaikan dengan PC anda 32bit/64bit. Tapi lebih baik yang 64bit.
  3. Klik “Next” dan pilih “Create a Virtual Disk Now” untuk membuat virtual disk yang akan digunakan si Debian nanti. setelah itu tekan “Create”.
  4. Pilih format hardisk menjadi VHD (Virtual Hard Disk) untuk pemula, tapi bila berminat bisa coba-coba klik “Next”.
  5. Atur besar virtual hard disk sesuai minimum system requirement yaitu 10 GB atau 8GB jika harddisk anda dengan size rendah lalu klik “Create”.

  6. Setelah itu klik “debian ” yang sudah terdapat di virtual box tadi, klik setting yang ada di samping ikon new dan sesuaikan pengaturan seperti yang ada di dalam foto 
 


          Klik storage -> klik icon cd dibawah controller IDE -> klik ikon CD  
          yang ada di optical drive
          -> lalu klik browse -> dan cari iso Debian yang DVD-1 tadi -> klik OK
          

 



Berikut Cara Penginstalanya
  1. Pertama-tama kita memilih menu “ install “ untuk mode text, dan “ graphical install “ untuk mode grafis.Tetapi kali ini admin memilih mode text karena keadaan PC saya yang kurang bersahabat :”v
  2. Kemudian, tunggu sebentar hingga muncul perintah untuk memilih Bahasa, pilih “English”  karena di debian tidak ada pilihan bahasa indonesia. Atau mungkin ingin mencoba Bahasa lain, bila kesulitan itu ditanggung sendiri yaaa :v. Jadi admin lebih menyarankan bahasa inggris saja atau “ english “
  3. Langkah selanjutnya isikan kolom yang tersedia di Hostname dengan “Debian” untuk lebih mudah mengingatnya atau juga bisa sesuai keinginan anda. lalu klik “continue” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
  4. Kemudian, Set Password untuk Root sebagai Password saat login ke debiannya, usahakan paswword yang mudah diingat. kemudian klik “continue” dan berlanjut ke langkah berikutnya.
  5. Di bagian selanjunya ini, di rekomendasikan untuk memilih untuk pemula “Guided – Entire Disk” . Tapi jika anda ingin coba-coba silahkan, dan bisa saling sharing di komentar. Untuk melanjutkan tekan “enter” pada keyboard
  6. Selanjutnya, untuk partisi hardisk bisa menambahkan secara manual, jika tidak klik “Finish partitioning and write change to disk” lalu tekan “enter” pada keyboard anda.
  7. Pilih paket aplikasi yang akan diinstal sesuaikan kebutuhan . Admin memyarankan untuk pemula sesuai dengan gambar yang ada. Lalu tekan continue.
  8. Selanjutnya install GRUB Boot loader dengan menekan “Yes“. Tunggu hingga selesai dan klik continue.






      9.  Kemudian tunggu hingga virtual box dari Debian merestart secara otomatis. Dan akan     tampil seperti di gambar. Jika sudah sesuai gambar maka instalasi sudah selesai. Dan selamat mencoba.


Nahh, itu tadi tutorial penginstalan Debian 8 di virtual box. Bagaimana ? mudah kan ? pastinya mudahlahh.
Sekian tutorial yang saya sampaikan jangan lupa subscribe agar menerima notif artikel terbaru dari blog saya.

1 Response to "Cara Menginstall Debian Di VirtualBox : Langkah-Langkah beserta Gambar"

  1. terimakasih cra penginstalan nyah dapat dipahami.
    http://bit.ly/2AzRPnk

    BalasHapus